Rabu, 26 Februari 2014

Kapoposang, wisata bahari yang menakjubkan !!!



Indonesia merupakan negara kepulauan, dimana luas perairannya melebihi daratan. Tidak ayal bilamana Indonesia memiliki berbagai macam wisata bahari. Salah satu wisata yang memiliki keindahan alam yang indah tetapi belum banyak dikenal orang terletak di Pulau Kapoposang.

Pulau Kapoposang adalah satu dari ratusan pulau kecil di jajaran spermonde Selat Makassar. Pulau ini terletak di Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Jarak dari Kota Makassar sekitar 68 kilometer (42 mil). Taman Wisata Perairan Kepulauan Kapoposang terdiri atas tiga pulau berpenghuni yaitu Pulau Kapoposang, Pulau Papandangan, dan Pulau Gondong Bali. Selain itu juga memiliki tiga pulau kecil berpasir putih yang tidak berpenghuni yaitu Pulau Suranti, Pulau Pamanggangang, dan Pulau Tambakhulu.

Pulau Kapoposang

Topografinya yang sangat mendukung untuk wisata bwah laut, menjadikan Pulau Kapoposang sebagai salah satu tempat diving terbaik di Sulsel. Fasilitasnya yang tersedia pun cukup lengkap, dimana pemerintah Kapuaten Pangkep telah membangun bungalow dengan tarif yang cukup terjangkau. Bagi penyelam profesional, Pulau Kapoposang adalah surga bawah laut, karena menyimpan berbagai eksotisme terumbu karang. Selain itu disekitarnya juga terdapat tiga pulau berpasir putih yang tidak berpenghuni, yaitu Pulau Suranti, Pulau Pamangganggang, dan Pulau Tambakhulu.

Aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan di Pulau Kapoposang antara lain menyelam, snorkeling, memancing, melihat habitat penyu, dan menyaksikan panorama sunset serta sunrise.
Menyelam dan snorkeling sangat menyenangkan karena terumbu karang di sekitar pulau ini cukup sehat dan indah. Lagipula, kondisi perairan yang jernih dan tidak tercemar. Berbagai jenis ikan berwarna-warni seperti menari ceria menyambut wisatawan.

Ada beberapa titik andalan bagi para penyelam yang ingin menikmati pesona bawah air Pulau Kapoposang antara lain Titik Penyelaman Gua (Cave Point), Titik Hiu (Shark Point), dan Titik Penyelaman Penyu (Turtle Point).

Dan beberapa tempat menyelam yang masing masing menawarkan keunikan. Shark Point dan Tanjung Point merupakan tempat favorit karena banyak ikan di sana. Ada juga Aquarium point yang menyerupai akuarium dengan wrasse (ikan laut kecil) bermain di antara koral lunak dan karang.

Lebih jauh ke selatan, terdapat atol besar di tengah laut yang disebut Takabakang. Tempat ini merupakan favorit pemancing dan spear fishing. Arus di sana cukup kuat sehingga disukai ikan ikan besar seperti gerombolan tuna, schooling grouper, giant trevally, dan cod.

Habitat penyu adalah keindahan di sisi yang lain. Pantai Pulau Kapopo


sang menjadi tempat hewan langka ini bertelur. Wisatawan dapat menyaksikan tingkah penyu tanpa boleh mengganggu mereka. Hewan ini dilindungi.
 
Sebagai salah satu pulau terindah di kawasan Spermonde, Pulau Kapoposang memang telah menjadi salah satu pulau primadona yang ada di Sulsel. Pulau ini, terbuka bagi siapa saja yang ingin mengunjunginya. Syaratnya tidak sulit, hanya harus mematuhi peraturan yaitu tidak merusak lingkungan dan merugikan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar