Rabu, 26 Februari 2014

GOYANG DOMBRET, LAGU ATAU KESENIAN TRADISIONAL?



 
“Goyang dombret” kata yang tidak asing didengar oleh masyarakat. Dua kata ini populer karena sebuah lagu dangdut.. betul?? Tapi asal Anda tahu, goyang dombret itu sebenarnya kesenian tradisional lho..
Dombret atau dongbret merupakan kesenian rakyat yang berkembang di daerah Pantai Utara Jawa Barat. Dombret ini merupakan kesenian tradisional yang berbentuk tarian sebagai media hiburan bagi nelayan yang merayakan pesta panen tahunan.



Pertunjukannya diawali dengan tatalu (musik pembuka), sebagai tanda bahwa sajian akan dimulai. Para dombret masuk ke arena pertunjukan, kemudian salah seorang dari dombret menyanyikan lagu kidung yang difungsikan sebagai doa, agar semua yang hadir, baik seniman maupun penonton, diberi kelancaran dan keselamatan. Setelah itu, para dombret menari bersama. Para penonton yang hadir, bisa menari dengan dombret sesuai pilihannya, juga dapat meminta lagu sesuai dengan kesenangannya. Penari dombret dapat pula diajak ke luar arena pertunjukan oleh penari pasangannya ke tempat yang gelap untuk diajak bercengkrama. Tidak lama kemudian dombret kembali ke arena pertunjukan, lalu menyimpan uang pemberian penggemarnya ke dalam peti yang telah disediakan dekat para panjak (pemain musik). Dombret pun menari kembali sambil menunggu pasangan yang mau menari lagi bersamanya. Demikianlah suasana pertunjukan hingga berakhir.

Kini kita tak kan pernah tahu bagaimana pertunjukkan sebenarnya kesenian ini karena tarian ini sudah dilarang oleh pemerintah. Masyarakat menilai dombret merupakan seni tradisional yang memuat hal-hal negatif, yakni banyak berbau porno.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar